Opini Kompasiana : Vsi Yusuf Mansur Janganlah Diikuti, “Berbahaya” Itu MLM!!

Banyak sekali orang yang ketika mendengar ajakan Ustadz Yusuf Mansur untuk berkomunitas di VSI langsung menyambutnya dengan baik.
Tetapi setelah mengetahui bahwa VSI menggunakan Skema MLM atau memperlihatkan gambar bulat-bulat yang menggunakan istilah sponsor, upline dan downline banyak yang kembali meragukannya ?

Mengapa demikian ?

>> Di Indonesia banyak sekali perusahaan yang menggunakan skema MLM yang menjanjikan kesuksesan tetapi kenyataannya malah MEMBERATKAN MEMBER nya.

>> Sistem mu’amalah dalam MLM dianggap MERUGIKAN SATU PIHAK (member) dan menguntungkan pihak yang lain (perusahaan).

>> MLM dianggap MONEY GAME yang memakai topeng corpoorate sehingga pada akhirnya ketika mencapai titik jenuh hanya akan merugikan membernya, khususnya yang bergabung saat MLM itu sudah besar.

>> Sistem MLM dianggap sering MENGUMBAR JANJI KOSONG yang menipu dan penuh kebohongan karena menyerahkan cara promosi dan merekrut membernya tidak sistematis sehingga setiap anggota menafsirkannya secara pribadi asal orang mau gabung dengan jaringannya,dengan tidak melihat aturan main yang seharusnya dia jalankan.

>> Kebanyakan perusahaan yang menggunakan MLM adalah perusahaan asing sehingga pada akhirnya BARANG YANG SEHARUSNYA BERHARGA MURAH MENJADI MAHAL karena setiap produknya harus membayar bea cukai yang tidak sedikit. Padahal di negara asalnya produk tersebut adalah produk murah.

>> MLM dianggap memberikan kesempatan membernya untuk mendapatkan KEUNTUNGAN TANPA BEKERJA.

>> MLM dianggap memaksakan produknya yang mahal untuk dipakai oleh anggotanya padahal produk tersebut bukanlah produk pokok yang dibutuhkan setiap saat oleh anggotanya. Produk yang dibeli anggotanya pada akhirnya menjadi MUBAZIR jika tidak laku karena tidak dapat dipakai setiap saat oleh dirinya sendiri jika dibeli dalam skala besar.

>> Sistem MLM Akad atau MOU nya tidak jelas sehingga rawan terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh sistem yang dibuat oleh oknum perusahaan secara sengaja.

>> Keraguan akan HALAL DAN HARAM nya sistem MLM menurut ulama.

>> Keraguan MLM akan membuat anggotanya sejahtera seperti yang dijanjikan.
Dan masih banyak lagi keraguan yang membuat seseorang berfikir kembali untuk bergabung dengan bisnis yang memakai sistem MLM.

Sahabat yang dicintai Allah, saran saya untuk menjawab keraguan anda sebelum berbisnis adalah :

Tidaklah perlu MEMAKSAKAN DIRI dengan menjalani bisnis MLM yang hanya menyiksa perasaan anda karena tidak bisa menjawab kekhawatiran anda (apapun alasannya).

Bisnis apapun itu tergantung NIAT ANDA dalam menjalankannya, meskipun bisnisnya bukan MLM jika niat kita penuh dengan kebusukan atau kebohongan maka pada akhirnya akan membuat susah kita juga. Jauhkanlah diri dari kebohongan apapun alasannya dalam berbisnis.
Cobalah untuk MELIBATKAN ALLAH dalam membuat keputusan anda sebelum menjalankan bisnis yang anda jalani. Istikharahlah dan segera putuskan dengan ikhlas dan tawakal. Serahkan saja hasil akhirnya kepada Allah saja.

Jika anda ingin mengetahui mengapa kami bergabung dengan VSI silahkan baca paragraf berikutnya, jika tidak ingin membacanya karena anda tidak mau tahu tentang semua bisnis yang menggunakan MLM, ya tidak mengapa. Kami sangat menghargai pendapat dan keputusan anda dan tentu hal tersebut bukanlah sesuatu yang salah.
Yang salah adalah ketika anda mengatakan sesuatu tentang VSI padahal ANDA BELUM MENCOBA MEMPELAJARINYA atau bahkan mengenalnya saja tidak.

Bismilahirrohmaanirrohiim
Sahabatku, sebelum kami memutuskan untuk bergabung dengan komunitas VSI nya Ustad Yusuf Mansur, banyak juga diantara kami yang berfikir bahwa semua MLM sama saja (akal-akalan). Tetapi setelah kami mempelajarinya ternyata tidak demikian, dan akhirnya kami memutuskan untuk bergabung.

Lihatlah dulu tabel perbedaan MLM kebanyakan di Indonesia dan MLM yang diterapkan di VSI.

Jadi jika anda bergabung dengan VSI sebenarnya anda telah menjadikan hidup anda LEBIH HEMAT dan EFISIEN dengan mengubah kebiasaan anda yang dulunya tidak memberikan keuntungan finansial (uang), kini malah memberikan keuntungan finasial (uang) bagi anda meskipun nilainya sangat kecil (receh).

Jika receh itu kita kumpulkan dengan semangat kebersamaan atau berjama’ah, maka tentu dengan banyaknya penduduk Indonesia ini, bukan sesuatu yang tidak mungkin itu akan membawa manfaat untuk kita semua.

Jika setelah penjelasan ini anda masih juga tidak ingin bergabung dengan VSI, harapan kami adalah ANDA BISA MEMAHAMI mengapa kami bergabung dengan VSI. Sehingga kita bisa tetap saling menghormati satu sama karena kita tentu memiliki alasan atas keputusan yang kita ambil.

Salam Damai Dari VSI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s